Lafadz Bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh Tata Cara Sesuai Sunnah

Lafadz Bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh Tata Cara Sesuai Sunnah - Tidak hanya pada hari senin dan kamis atau pada bulan-bulan mulia, tetapi juga puasa sunnah yang memiliki pahala besar terdapat pada3 hari setiap bulan yang di sebut dengan puasa ayyamul bidh pada tanggal 13, 14 dan 15 bulan qomariyah atau hijriyah. Amalan ini hukumnya sunnah serta bersumber pada dalil hadits shahih, sehingga pelaksanaan dari puasa ini tidak di ragukan lagi termasuk juga pahalanya yang sangat besar dan menjadi amal yang di utamakan.

Memang tidak banyak orang yang mampu mengerjakan puasa ini karena berbagai alasan, yang pasti bukan karena tidak tahu tetapi sebgainnya masih belum tersentuh hati untuk siap dengan rutin mengerjakan puasa sunnah ayyamul bidh yang di kerajakannya setiap bulan. Terlebih lagi sekarang ini orang-orang banyak di sibukan dengan pekerjaan yang menyita waktu serta tenaga, sehingga berpuasa di anggap akan membuatnya merasa payah.

Lalu sejauh mana pahala dan kebaikan yang akan di dapatkan oleh orang yang mengerjakan puasa ayyamul bidh tersebut?. Dalam sebuah keterangan di jelaskan bahwa barang siapa yang berpuasa ayyamul bidh setiap bulan selama setahun maka di ibaratkan puasa selama setahun pahalanya. karena puasa ini pahalanya di ibaratkan sepuluh kali lipat, sebagaimana dalam sebuah riwayat di sebutkan dengan jelas dari bukhari muslim.

"Benar-benar, cukup bagimu berpuasa sepanjang tiga hari dalam tiap bulan, karena kamu bakal terima sepuluh kali lipat pada tiap kebaikan yg Kaulakukan. Lantaran itu, karena itu puasa ayyamul bidh sama juga dengan berpuasa 1 tahun penuh" Siapa orangnya yang tidak tersentuh hatinya jika mengetahui pahala ibadahyang luar biasa ini, tetapi yang paham akan hal ini tentunya mereka-mereka yang keimanan dan ketaqwaannya sangat besar kepada allah swt.

Niat Puasa Ayyamul Bidh

Dalam pelaksanaan puasa selain tata cara yang harus di laksanakan juga harus memakai niat yang benar, tata cara dalam berpuasa ayyamul bidh sama dengan puasa ramadhan yanitu di mulai sejak subuh hingga maghrib serta menjauhi seluruh yang dapat membatalkan puasa. Selanjutnya untuk niat boleh di bacakan malam hari, jika lupa bisa juga siang harinya, pembacaan niat ini harus di lakukan oleh siapa saja yang akan berpuasa.

Niat Puasa Ayyamul Bidh

نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu Sauma Ayyami Bidh Sunnatan Lillahi Ta'ala.

Aku Niat Puasa Sunnah Ayyamul Bidh Karena Allah.

Sampai disini kiranya dapat di pahami mengenai bacaan niat puasa ayyamul bidh tata cara, hukum serta pahala dari amalan tersebut yang luar biasa. Banyak yang masih bisa di ketahui mengenai puasa ayyamul bidh, termasuk yang berkaitan dengan jika tanggal tersebut jatuh bertepatan dengan hari semin atau kamis, hari raya atau yang lainnya. Maka dari itu silahkan jangan berhenti untuk selalu belajar agar lebih pintar.

Related Posts