Bacaan Dzikir Doa Setelah Sholat Dhuha Lengkap Tata Cara Dan Manfaatnya

Dzikir Doa Setelah Sholat Dhuha Lengkap Tata Cara Dan Manfaatnya - Ada waktu di mana salah seorang dari umat muslim akan mendapatkan banyak keberkahan jika pada waktu tersebut di isi dengan kebaikan yang telah di perintah yaitu dhuha. Pagi hari menjelang siang adalah saat untuk memulai segala aktivitas harian, keberhasilan hari tersebut di tentukan dari awal waktu bekerja yaitu pagi hari, itulah mengapa pada pagi hari menjadi waktu di unggulkan bahkan termasuk untuk di isi dengan ibadah misalnya sholat sunnah dhuha 2 atau 4 rakaat dan seterusnya.

Keberadaan sholat dhuha yang dilakukan pada pagi hari menjelang siang banyak di kaitkan dengan rezeki di mana masyarakat meyakini sholat dhuha ini memiliki keutamaan sebagai penarik rezeki dan kekayaan, siapa saja yang rutin melaksanakan dhuha akan selalu di cukupkan rezeki dan lancar perekonomiannya. Padahal nyatanya tidak sebatas itu saja tetapi pada sholat dhuha tersimpan banyak sekali manfaat luar biasa yang bisa dengan mudah di dapat oleh orang yang senantiasa mengerjakan sholat sunnah ini tiap hari tanpa tertinggal baik manfaat yang berkaitan pahala ibadah hingga manfaat yang berkaitan dengan kehidupan dunia.

Yang dimaksud dengan dawam di atas bukan melaksanakan sholat dhuha hanya 2 atau 3 kali saja, harus selamanya tidak pernah meninggalkan sholat ini meski hanya cuma mengerjakan 2 rakaat saja. Apakah yakin dengan secara dawam mengerjakan dhuha setiap hari disertai ikhlas karena allah akan di kabulkan semua kebutuhan serta di cukupkan rezeki?. Tentunya sangat yakin sebab pernyataan ini langsung di muat dalam beberapa keterangan hadits shahih yang tidak mungkin ada kebohongan sedikit pun.

Doa Mustajab Sholat Dhuha Lengkap Tata Cara Bacaan Niat Waktu Dan Manfaatnya

Keutamaan sholat sunnah dhuha yang selalu diakhiri dengan doa sholat dhuha sudah sangat populer di kalangan masyarakat, bahkan apabila mendengar cerita-cerita dari orang sukses, ternyata mereka tida pernah meninggalkan sholat ini meski dalam keadaan sibuk. Serta yang paling menarik lagi orang yang mengerjakan sholat dhuha dengan rutin tidak hanya sebatas di cukupkan dalam hal duniawi tetapi seakan di sertai dengan keberkahannya yang mana sekaligus harta yang di dapat memberikan ketenangan jiwa dan pikiran.

Akan tetapi dalam sebuah ibadah baik itu yang hukumnya wajib atau sunnah tidak bisa di laksanakan dengan cara sembarangan apabila ingin di anggap sempurna oleh allah swt. Tetapi harus benar-benar mengetahui dan mengerjakan tata cara yang tepat, dalam arti syarat dan rukun harus terpenuhi serta khusu atau berkonsentrasi hanya ingat dan karena allah semata, dan untuk tata caranya akan kami ulas sedikit di bawah ini.

1. Waktu Sholat Dhuha

Adapun mengenai waktu dari pelaksanaan shalat dhuha ini yaitu di kerjakan sesudah terbit matahari serta akhir watunya saat menjelang masuk waktu dhuhur. Namun setelah kami membaca dan mencari dari beberapa sumber, ternyata dalam hal waktu sholat dhuha ternyata ada yang lebih di utamakan yaitu sepertiga awal dari keseluruhan waktu dhuha, apabila di perkirakan pada jam indonesia kira-kira kurang lebih jatuh pada pukul 9 pagi hari.

2. Jumlah Rakaat Sholat Dhuha

Selanjutnya untuk mengenai jumlah rakaat pada shalat dhuha dikerjakan sebanyak 2 rakaat hingga 12 rakaat dengan masing-masing satu kali salam 2 rakaat menurut masyhur para ulama meski ada juga yang berpendapat bisa satu kali salam 4 rakaat. Apabila merasa keberatan mengerjakan dhuha dengan rakaat yang banyak mungkin karena hati masih belum sepenuhnya ikhlas terhadap ibadah, maka 2 rakaat pun lebih baik dari pada tidak sama sekali.

3. Tata Cara Sholat Dhuha

Niat Sholat Dhuha

Bacaan Niat Sholat Dhuha

Untuk mengenai tata cara sholat dhuha, pada dasarnya sama dengan sholat pada umumnya yaitu di awali dengan niat ketika takhbirotul ikhram dan di akhiri salam tiap 2 rakaat. Bahkan dalam bacaan surat setelah fatihah pun bebas membaca surat yang sudah di pahami, namun apabila melihat dari keutamaan di anjurkan untuk memakai surat Wasysyamsi wadhuhaahaa pada rakaat pertama dan surat Al-Lail. Dan untuk rakaat seterusnya boleh apa saja atau atau di ulang lagi surat yang tadi.

a. Membaca niat diatas ketika takhbiratul ihram cukup di dalam hati saja

b. Takbiratul Ihram Bersamaan Dengan Niat

c. Membaca doa iftitah

d. Membaca Surat Al-Fatihah

e. Membaca Salah Satu surat Dari Al-Qur'an

F. Ruku Sambil membaca bacaannya

g. 'itidal atau berdiri dari ruku sambil membaca bacaannya

h. Sujud sambil membaca bacaannya

i. Duduk diantara 2 sujud

j. Sujud Lagi sambil membaca bacaannya

k. Berdiri Untuk Melakukan rakaat kedua

l. Pada rakaat kedua tidak perlu membaca doa iftitah namun langsung pada bacaan fatihah dan lakukan tata cara dari A hingga K secara tertib. Kemudian nanti di tutup dengan Tahiyat atau tasyahud sambil membaca bacaan doanya, dan di lanjut salam sambil menengok ke kanan dan kiri.

Sampai di sini maka panduan tata cara sholat sudah selesai di kerjakan dan apabila mau melaksanakan yang 4 hingga 12 rakaat maka ulangi semua tata cara di atas dengan masing-masing 2 rakaat.

4. Doa Sholat Dhuha

Sesudah selesai mengerjakan sholat dhuha baik itu yang 2 rakaat, 4 atau 12 rakaat maka di akhiri dengan bacaan doa khusus setelah dhuha. Atau sebelum berdoa boleh juga membacakan terlebih dhaulu dzikir-dzikir khusus misal istighfar, tahlil, tasbih, tahmid dan yang lainnya. Untuk bacaan doa selengkapnya bisa langsung lihat hafal dan cermati dengan baik di bawah ini agar bisa dengan benar di amalkan.

Rakaat Tata Cara Dzikir Doa Setelah Sholat Dhuha Lengkap Keutmaannya

Mohon maaf apabila pembahasan pada tulisan ini hanya sebagian besar menyajikan doa sholat dhuha saja tidak di bahas dengan secara detail. Mungkin kami akan kembali pada kesempatan denga memberika tulisan yang lebih lengkap. Silahkan anda pelajari semua yang tercantum pada rakaat tata cara dzikir doa sholat dhuha lengkap keutmaannya latin mp3 rahasia 4 rakaat tahajud pdf artinya yusup mansur ldii dan lain sebagainya.

Related Posts